Resep Gorengan Combro Khas Sunda

Resep Gorengan Combro Khas Sunda : Biar bagaimanapun, latar belakang kita akan berpengaruh terhadap apa yang kita lakukan. saya misalnya. karena memang saya orang sunda, sekalipun pernah menetap lama di daerah lain diluar sunda, tetap saja banyak kebiasaan dan selera yang akan menunjukan identitas bahwa saya orang sunda.

gorengan combro misalnya, sekalipun di daerah lain juga barangkali ada gorengan seperti ini, tetapi minimal namanya berbeda. ketika saya menemukan gorengan ini, secara spontan saya berucap "WAAAH ADA COMBRO"... kontan saja orang disekitar tersenyum dan bilang "EEEH ORANG SUNDA YAAAH....." saya pun tersenyum dan tanpa ragu langsung melahap gorengan combro tersebut.

termasuk hari ini, karena pagi ini saya baru saja menikmati gorengan combro, maka gorengan ini pun seakan mendorong saya untuk segera menuliskan resepnya dan berbagi kepada para bunda kreatif sekalian.. 

tanpa maksud mempengaruhi para bunda semua, yang pasti gorengan combro ini akan sangat mengejutkan lidah para bunda, yang penting membaca dengan teliti Resep Combro ini, kemudian ikuti tahapan-tahapannya dengan teliti dan seksama.

baca juga : Resep Bakwan Jagung Manis

Resep Gorengan Combro

resep gorengan combro


Bahan-bahan untuk membuat Gorengan Combro
  • setengah kilo singkong, (kupas kulitnya cuci bersih lalu parut)
  • 2 sendok tepung kanji
  • 2 sendok makan kelapa parut
  • 2 bawang daun, iris tipis 
  • 1 sdt garam 
  • minyak secukupnya

Bahan Isian Combro :
  • 250 gram oncom 
  • 10 lembar daun kemangi, iris halus 
  • 2 siung bawang putih , haluskan
  • 2 butir bawang merah, haluskan
  • kencur secukupnya, haluskan
  • gula pasir secukupnya 
  • garam halus secukupnya
  • cabai rawit, (tergantung selera)

Cara Membuat Combro

  • Peras singkong parut agar airnya keluar lalu buang airnya
  • campurkan dengan irisan bawang daun, tepung kanji, garam, dan kelapa parut, lalu aduk rata. 
  • siapkan semua bahan isian combro
  • Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan bahan-bahan isian combro (oncom,daun kemangi) Masak hingga oncom benar-benar matang. 
  • angkat dan sisihkan bahan isian combro
  • Ambil 1 sendok makan parutan singkong, 
  • lalu isi dengan 1 sendok bahan isian, bentuklah bulat lonjong hingga isian benar-benar terbungkus parutan singkong. 
  • Goreng hingga kulit kuning keemasan. 
  • Angkat dan sajikan, nikmati bersama keluarga ketika hangat.

SELAMAT MENCOBA
    Previous
    Next Post »