Resep dan Cara Membuat Puding Buah Naga Merah Nan Cantik

Resep Puding Buah Naga Merah - Satu lagi kreasi puding buah dengan penampilan yang cantik menggugah selera, puding buah naga merah. Puding ini memiliki warna yang mencolok namun tetap sehat karena menggunakan pewarna alami yang terkandung pada buah naga.

Pada dasarnya, puding buah naga merah sama saja dengan puding buah pada umumnya. Selain buah naga merah/ungu, kita juga bisa menggunakan buah naga jenis lain seperti buah naga putih. Khusus untuk kali ini, kita akan membuat kreasi puding berbahan dasar buah naga merah.
Resep Puding Buah Naga Merah, Cara Membuat Puding Buah Naga Merah
Puding Buah Naga Merah / litehomebake.blogspot.com
>> Resep dan Cara Membuat Puding Ubi Ungu Nan Cantik
Cara membuat puding buah naga merah sebetulnya sangatlah mudah. Seperti membuat puding buah pada umumnya. Tinggal menambahkan buah naga yang dihaluskan pada campuran puding.

Untuk membuatnya terlihat cantik, tinggal mainkan saja imajinasi masing-masing. Kreasikan puding buah naga sesuai dengan selera. Seperti membuat beberapa lapisan atau menggunakan cetakan yang unik.
Resep Puding Buah Naga Merah, Cara Membuat Puding Buah Naga Merah
Kreasi Puding Buah Naga Merah/Ungu
Resep Puding Buah Naga Merah, Cara Membuat Puding Buah Naga Merah
Kreasi Puding Buah Naga Merah/Ungu
Langkah pertama dimulai dengan menghaluskan buah naga. Untuk mempercepat proses, kita bisa menggunakan blender. Namun hasilnya kurang bagus. Biji buah naga menjadi hancur dan hasilnya kurang cantik.

Agar hasilnya lebih bagus, lebih baik buah naga dihaluskan secara manual. Bisa menggunakan sendok/garpu atau menggunakan ulekan yang dibungkus plastik. Hasilnya, biji buah naga tetap utuh dan terlihat cantik ketika puding sudah jadi.

Selanjutnya, buah naga dicampur dengan bahan puding lainnya untuk dimasak seperti biasa. Jika membuat beberapa lapisan, buat lapisan secara terpisah agar hasilnya lebih cantik.

Resep Puding Buah Naga Merah Nan Cantik

Untuk mendapatkan hasil yang lebih cantik, kita bisa menggunakan buah naga merah/ungu. Buah naga dicampur dengan bahan agar-agar plain tanpa warna dan tanpa rasa. Disini kita akan membuat lapisan, dimana lapisan pertama adalah puding buah naga dan lapisan kedua adalah puding susu.

Berikut ini adalah daftar bahan yang kita perlukan untuk resep puding buah naga merah yang cantik. Kalian bisa mengikuti cara membuat puding buah naga merah melalui step by step yang disertakan berikut ini agar lebih memudahkan.
>> Resep dan Cara Membuat Puding Susu Sederhana Topping Buah

Bahan Resep Puding Buah Naga Merah

Bahan Lapisan Merah

  1. 1 bks agar-agar powder rasa plain
  2. 250 gr daging buah naga merah/ungu, haluskan
  3. 100 gr gula pasir, atau sesuai selera
  4. 2 gelas air (+/- 450 ml)

Bahan Lapisan Putih

  1. 1 bks agar-agar powder rasa plain
  2. 75 gr gula pasir, atau sesuai selera
  3. 100 ml susu kental manis
  4. 250 ml susu cair
  5. 1 gelas air

Cara Membuat Puding Buah Naga Merah

  1. Siapkan panci. Masukkan bahan-bahan untuk lapisan merah seperti daging buah naga yang sudah dihaluskan, bubuk agar-agar, gula pasir dan air. Aduk rata.
  2. Panaskan campuran puding merah hingga mendidih sambil terus diaduk. Setelah mendidih, matikan api. Diamkan beberapa saat hingga uap panasnya hilang.
  3. Siapkan cetakan. Tuang campuran puding merah kedalam cetakan dan biarkan hingga menggumpal.
  4. Sementara menunggu lapisan puding merah menggumpal, kita bisa membuat lapisan putihnya. Siapkan panci, masukkan semua bahan untuk lapisan putih seperti bubuk agar-agar, susu kental manis, susu cair, gula pasir dan air. Aduk rata.
  5. Panaskan campuran puding putih sambil terus diaduk hingga mendidih. Setelah mendidih baru matikan api. Biarkan beberapa saat agar uap panasnya hilang.
  6. Tuang campuran puding putih diatas lapisan puding merah. Untuk membuat lapisan yang memiliki batas, lapisan puding yang pertama harus sudah menggumpal. Untuk mempercepatnya, cetakan puding bisa direndam air dingin sehingga puding lebih cepat dingin dan menggumpal.
  7. Jika sudah cukup dingin, puding bisa dimasukkan kedalam lemari es agar lebih cepat menggumpal. Juga membuat puding lebih terasa nikmat dalam keadaan dingin.
>> Resep dan Cara Membuat Puding Jagung Manis Spesial
Bagaimana? Cara membuat puding buah naga merah ternyata cukup mudah bukan? Prosesnya pada dasarnya sama saja, hanya berbeda bahan pelengkapnya saja.

Resep puding buah naga merah / ungu ini juga berlaku untuk buah naga putih. Proses pembuatannya sama saja, cuma hasil akhirnya yang memiliki warna berbeda. Selamat mencoba ya!
Previous
Next Post »